Kamis, 16 September 2010

Pesawat Pembawa Sukhoi Tiba di Makassar, Siap Jemput Jenazah Teknisi

Jakarta - Pesawat Antonov 124-100 dari Rusia, yang mengangkut Sukhoi tipe SU 27-SKM, mendarat mulus di Pangkalan Udara (Lanud) Sultan Hasanuddin, Makassar pukul 20.30 Wita. Proses penurunan pesawat tempur ini dilakukan oleh tim khusus dari pabriknya selama dua jam di area Lanud.

Menurut Komandan Pangkalan Udara (Danlanud) Hasanuddin Marsekal Pertama (Marsma) Agus Supriatna, pesawat tersebut mengangkut pesawat Sukhoi pesanan terakhir milik TNI AU. Rencananya, lanjut Agus, Sukhoi yang belum dalam kondisi utuh ini akan segera dirakit selama tiga hari oleh tim teknisi Sukhoi yang berjumlah sekitar 30 orang di Lanud Sultan Hasanuddin.

"Selain mengangkut satu buah Sukhoi, pesawat Antonov 124-100 juga membawa 200-an perkakas yang dibutuhkan selama proses perakitan," papar Agus kepada wartawan, Kamis (16/9/2010).

Selain mengangkut Sukhoi, pesawat raksasa jenis kargo ini juga mengangkut tiga orang tim warranty dari Rusia menggantikan tiga anggota tim sebelum Tim Warranty sebelumnya yang tewas karena keracunan Methanol.

Agus menyebutkan, rencananya 27 September mendatang akan dilakukan penyerahan secara resmi tiga pesawat Sukhoi yang dipesan untuk memperkuat Skuadron 11 Sultan Hasanuddin, oleh pihak pabrik Sukhoi pada Menteri Pertahanan RI.

Sementara itu, pemulangan tiga jenazah tim warranty Sukhoi akan dilakukan (17/9) sekitar pukul 15.00 Wita. Pesawat Antonov akan bertolak kembali ke Rusia dengan mengikutsertakan peti jenazah korban tiga orang teknisi Sukhoi.

(mok/lia)

sumber : Moksa Hutasoit - detikNews

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar