Senin, 14 Maret 2011

Kulit Pisang Bersihkan Air dari Logam


Kulit pisang bisa membersihkan kontaminasi logam berat dari air sungai.

Peneliti dari Biosciences Institute di Botucatu, Brazil, berhasil mendapati kalau kulit pisang dapat digunakan untuk menarik logam-logam berat yang mengontaminasi air. "Bukan hanya itu. Kinerjanya pun lebih baik daripada teknik lain," kata Gustavo Castro, peneliti dari Biosciences Institute.

Castro dan rekan-rekannya mengeringkan kulit pisang. Kemudian mereka mencampur kulit pisang dengan air. Hasilnya, seperti dijelaskan oleh Castro, air bersih dari logam. "Logam menempel pada kulit pisang," jelas Castro. Ia juga menambahkan kalau kemampuan kulit pisang menarik logam melebihi material lain.

Kontaminasi logam pada air biasanya diurai menggunakan silika, selulosa, dan aluminium oksida. Pembersihan air ini berbiaya tinggi dan punya efek samping.

Meskipun Castro sudah membuktikan kemampuan kulit pisang, ia belum menyarankan untuk pemurnian air di rumah. Air keran biasanya tidak mengandung logam. Lagipula, orang awam belum tentu dapat mengukur kadar logam dalam air. Penelitian yang hasilnya diterbitkan dalam jurnal Industrial & Engineering Chemistry Research ini ditujukan untuk industri.

Selain pisang, peneliti-peneliti pernah juga mencoba tanaman lain, seperti apel, limbah tebu, serat kelapa, dan kulit kacang, untuk membersihkan air dari racun. (Sumber: National Geographic News)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar